Jangan Sampai Kuliahmu Mengganggu Organisasimu!

Baiklah dalam postingan kali ini saya ingin berbagi artikel yang pernah saya buat untuk sebuah buletin di kampus saya, Unnes. Sebenarnya repost sih, tapi gapapa lah ya, siapa tahu ada yang belum pernah baca...:)

Sebelumnya congratulations ya untuk kawan-kawanku Mahasiswa Baru Unnes 2012. Kalian hebat! Sudah mengalahkan ratusan bahkan ribuan kompetitor yang juga ingin masuk dan menjadi mahasiswa Universitas Konservasi ini. Baiklah, tentunya ketika kalian sudah resmi menjadi mahasiswa maka akan terbayang suasana yang berbeda dari semasa SMA dulu kan? Mulai dari suasana akademik sampai non akademiknya.

Ngomong-ngomong tentang non akademik, pasti beberapa dari kalian sudah akrab dengan yang namanya organisasi. Ya, kalau di SMA dulu umumnya ada OSIS, ROHIS, Pramuka, MPK, Paskibra, dan lain-lain. Dan bagi kalian yang belum pernah berorganisasi, ga ada salahnya juga buat mengakrabkan diri dengan organisasi saat kuliah di Unnes ini. Nah, berikut ada tips untuk kalian yang masih bimbang pengin ikut organisasi apa dan berapa banyak organisasi yang sepatutnya kalian ikuti. Stay tune, guys!

Mantapkan dulu tujuan kamu selama kuliah!
Biar dapet gelar? Cari jodoh? IPK Oriented? Atau cari banyak pengalaman? Karena ini sangat penting lho!! Kalau belajar itu ga usah ditanya lagi karena memang itulah kewajiban kita sebagai mahasiswa. Tapi yang perlu kamu ingat, kuliah ini adalah masa terakhir kamu untuk dapat mengekspresikan diri sebagai anak muda sesuai bakat dan minat yang kamu miliki. Ga tahu kapan lagi deh kamu bisa kerja bareng sama teman-teman kamu dalam suatu kepanitiaan selain ya di semester-semester awal ini. Mau nunggu semester 7 atau setelah lulus kuliah baru aktif organisasi? Ketuaan bro…

Masuki organisasi yang sesuai dengan passion kamu!
Banyak mahasiswa baru nih ya karena saking semangatnya melihat mas-mas dan mbak-mbaknya yang kelihatan keren dalam suatu organisasi jadi ikut-ikutan pengin masuk ke organisasi ini dan itu. Eit, hati-hati lho nanti akibatnya bakal kamu rasain setelah beberapa bulan jadi pengurus. Dijamin deh kamu bakal bosen di organisasi itu kalo ga sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Cukup 2 organisasi, yah…maksimal 3 lah, ga boleh nawar lagi!
Jumlah organisasi yang kamu ikuti juga penting lho. Jangan dikira dengan kamu ngikut ke banyak organisasi bakal bikin kamu kelihatan keren. Yang ada waktu kamu dikasih amanah sana-sini ditambah tugas kuliah yang ga kelar-kelar bisa bikin kamu frustasi 7 turunan lagi. Nah lho, makanya 3 organisasi itu udah paling banter biar kamu juga bisa kasih kontribusi yang maksimal dalam organisasi yang kamu ikuti tanpa ganggu kuliah kamu.

Jangan sampai kuliah mengganggu organisasi!
Aduuuhh…maksudnya gimana coba? Tugas kita sebagai mahasiswa kan untuk kuliah, lha kok malah jangan sampai mengganggu organisasi? Eit…sabar dulu, maksudnya begini, mas bro, mbak bro. Salah satu fungsi kamu berorganisasi diantaranya adalah untuk meningkatkan level 'manajemen waktu' kamu bukan? Seperti yang udah dibilang di awal tadi, belajar itu udah jadi kewajiban kita sebagai mahasiswa. Kamu ga boleh mengelak dari amanah nyokap bokap yang satu ini. Akibatnya, otomatis kamu udah wajib hukumnya kan harus punya waktu belajar setiap harinya, misalkan 2 jam per hari. Nah, kalo sampai waktu 2 jam per hari itu ga bisa kamu optimalin dan sampai akhirnya ganggu waktu kamu dalam berorganisasi itu artinya kamu mahasiswa yang SO alias study oriented. Contoh nih, jam 4 sore organisasi kamu ngadain acara tapi kamu ga dateng karena ngerjain tugas kuliah yang harusnya bisa kamu kerjain malem harinya. Kalau kamu termasuk mahasiswa yang seperti itu, mending waktu yang kamu punya bener-bener kamu fokusin buat kuliah aja deh, supaya kamu jadi ilmuwan sejati. Itu ga masalah, pren!

Jadi intinya kalo sampai kuliah kamu sampai ganggu organisasi yang kamu ikuti, itu artinya kamu masih belum paham makna organisasi. Kuliah itu berfungsi buat jadiin kamu orang yang expert, misal expert di bidang Matematika. Sedangkan organisasi itu fungsinya buat cari en' nambah pengalaman yang (insya Allah) berguna saat kamu terjun di lapangan.
So, organisasi mana yang bakal kamu jadikan untuk tempat berekspresi dan berkreasi? Selamat menentukan pilihan ya!! ^o^

Penampakan Buletin SSC untuk Mahasiswa Baru Unnes 2012


 

Komentar