Hidup Mulia Tanpa Riba


Ketika berbicara tentang riba, masih banyak orang yang merasa awam dengan istilah yang satu ini. Kebanyakan pernah mendengar riba dan tahu bahwa itu haram, namun banyak pula yang tidak tahu bahwa ternyata dirinya termasuk ke dalam pelaku riba itu sendiri.

"Allah melaknat orang yang memakan (pemakai) riba, orang yang memberi riba, dua orang saksi dan pencatat (dalam transaksi riba), mereka sama saja." (HR. Muslim)

Jika saat ini kita termasuk seperti yang disebutkan pada hadits di atas, mari kita bertaubat dan segera cari tahu apa itu riba. Mumpung belum terlambat dan terlalu jauh masuk ke dalam kubangan riba.

Islam mewajibkan umatnya untuk terus menuntut ilmu hingga akhir hayat. ”Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim.” (HR. Ibnu Majah)

Ketidaktahuan kita akan suatu hal memang mendapat keringanan dari Allah. Tetapi ketidaktahuan yang mana dulu? Ketidaktahuan karena belum sempurnanya kita saat belajar atau ketidaktahuan kita karena tidak mau belajar? Beda, kan?

==== 0 ====

Tidak ada sesuatu yang diharamkan oleh Allah kecuali sesuatu itu membahayakan dan berpotensi membawa kehancuran bagi hamba-Nya.

Termasuk riba, banyak ayat Al-Qur'an dan hadits yang membahas mengenai keharaman riba. Beberapa kali saya bertemu dengan orang yang terjerat riba dan hukuman dari Allah itu memang benar adanya berlaku ketika di dunia, apalagi nanti saat di akhirat jika dia tidak mau bertaubat. Naudzubillahi min dzalik.

Mari kita jauhi riba, insya Allah hidup akan jauh lebih mulia. Tampil dengan sederhana, tak perlu ingin dianggap "wah" oleh orang lain. Bagi yang menjalankan usaha, tetap kerja keras dan sabar, jangan menginginkan hasil instant tapi pada akhirnya terjerumus ke dalam riba. Mungkin saja hasil melimpah yang ada sekarang adalah istidraj, rizki yang Allah berikan kepada hamba-Nya untuk menjadikannya semakin lalai. Lebih baik cari rizki yang halal dan berkah, meskipun itu banyak. Hehe.

Suka banget sama kata-katanya Bang Saptuari yang satu ini, "Rizki dari Allah itu cukup untuk HIDUP. Tapi tak akan cukup untuk GAYA HIDUP."

Semoga masih ada kesempatan bertaubat bagi kita semua yang saat ini sedang terjerat dosa riba. Aamiin.

==== 0 ====

Bagi yang ingin tahu sekilas tentang riba, artikel ini mungkin bisa membantu memberi gambaran betapa berbahayanya riba >> https://www.alsofwah.or.id/cetakannur.php?id=330

Komentar