Gazan Azka, Si Miliuner Muda


Yang tengah itu, namanya Gazan Azka, percaya ga sih kalau di usianya yang baru 19 tahun dia sudah punya omzet mencapai 1 Miliar dari jualan keripik pisangnya?

Iya, serius keripik pisang. Bukan jualan property atau kapal pesiar.

Awalnya, saya pun antara percaya ga percaya dan pengin banget suatu saat bisa ketemu si Gazan ini untuk bertanya langsung serta membuktikannya sendiri. Qadarullah, Allah memberi jalan mempertemukan saya dengan anak ini melalui sebuah seminar tidak lama setelah saya "mengenalnya" melalui internet. Setelah ikut seminarnya, saya cuma bisa geleng-geleng kagum kepada adik sekaligus (yang sudah saya anggap sebagai) guru saya ini.

Mindsetnya, mentalnya, joss...!! Padahal Gazan ini bukan orang mampu. Waktu dia kecil, cita-citanya saja hanya ingin membeli Chitato *pas bagian ini bingung mau ketawa atau sedih :'D

Tapi akhirnya dia membuktikan, dari kegagalan-kegagalan di masa kecil dan beberapa usaha yang dia jalani sebelumnya, kini dia menjadi salah satu pengusaha yang patut diperhitungkan di usianya yang masih sangat muda.

Akhirnya terbukti lagi kan bahwa modal utama menjadi pengusaha itu bukan uang atau materi?

Modal yang paling penting itu bernama mindset dan mental. Mindset itu ibarat striker, yang membuat kita mampu berlari kencang menggiring impian, yang selanjutnya kita wujudkan menjadi goal kesuksesan. Sedangkan mental, ibarat kiper yang menjadi tembok pertahanan terakhir ketika kita bertubi-tubi mendapat serangan hambatan dan masalah dari faktor eksternal dalam perjalanan usaha kita. Kalau kedua hal itu sudah kita kuasai, dijamin deh mau bangkrut atau gagal sebanyak apapun, kita pasti selalu punya alasan dan semangat untuk bangkit lagi.

Kalau kata Pak Dahlan Iskan,
"Habiskan jatah gagalmu!"

Salut sama kamu, Zan! Udah cakep, tajir, masih muda, pengusaha lagi. "Mantu-able" banget dah xD

Komentar